K etika berjam-jam anda bekerja, belajar, atau bermain dengan komputer, anda pasti pernah merasakan kelelahan, terutama mata yang terus-terus memandangi layar komputer. Untuk siang hari saat kondisi terang, sebenarnya mata sudah terbiasa dengan keadaan siang hari dan layar komputer yang terang sehingga mata dapat bertahan lama dari rasa lelah, tapi jika malam hari, saat kondisi gelap, mata akan terasa lelah jika terus-terusan memandang layar komputer yang terang, karena keadaan malam hari yang gelap, dan kondisi mata dan tubuh yang harusnya untuk istirahat.
Tetapi apabila anda termasuk seorang yang sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas anda dan selalu berada lama di depan layar komputer, seperti programmer, blogger, dan designer, aktivitas dimalam hari tentunya pilihan tersendiri untuk anda. :D
Berikut adalah salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengubah tingkat kecerahan layar monitor anda sehingga mata anda tidak cepat lelah saat beraktivitas di depan layar monitor.
Aplikasi ini bernama Flux, cara kerja aplikasi ini yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan berdasarkan lokasi tempat tinggal anda, jadi programs ini akan otamatis mengatur tingkat kecerahan monitor berdasarkan waktu (pagi-siang-sore-malam) di lokasi anda.
Berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya:

1. Download programs Flux di sini 
 
2. Install dan jalankan program ini, kemudian anda harus melakukan pengaturan untuk menentukan lokasi tempat tinggal anda agar kecerahan monitor dapat otomatis berjalan berdasarkan waktunya. di sini anda klik icon F.lux pada taskbar kanan bawah, kemudian pilih Change Settings – Change



3. Di sini anda harus menentukan lokasi tempat tinggal anda dengan memilih Locate, dan anda akan terhubung ke internet ke alamat http://stereopsis.com/flux/map.html, kemudian anda ketikkan lokasi tempat tinggal anda.


4. Copy koordinat tersebut dan pilih OK
5. Lihat tampilan monitor anda, tampilan ini akan menyesuaikan dengan waktu dan cuaca tempat tingal anda, jadi anda tidak perlu lagi khawatir dengan mata lelah. :)
    Note: Programs ini tersedia untuk 3 sistem operasi, yaitu Windows, Mac OS, dan Linux, untuk selengkapnya anda bisa lihat di sini;