Banner 468x 60

Komputer sering hang atau shutdown sendiri

K
omputer anda sering hang atau shutdown sendiri ? Pada waktu computer dihidupkan, saat mau login , tiba-tiba computer hang atau tidak bisa masuk ke windows atau tidak bisa login. Ataupun pada saat tertentu, ketika sudah masuk ke windows tiba-tiba computer hang. Tentu hal ini sangat menjengkelkan. Apalagi kalau sedang mengerjakan suatu tugas. Maka hal ini akan sangat mengganggu sekali. Bagi anda yang mengalami hal semacam ini jangan terburu-buru dibawa ke tukang service. Coba dulu tips komputer berikut ini, barang kali bisa membantu mengatasi masalah pada computer anda.
  1. Scan disk. Klik kanan pada directory yang akan di scan, Misal C:/. Pilih properties >> tools > pada error-checking klik Check Now > berilah tanda cek pada Automatically fix file system error dan Scan for and attempt recovery bad sector, kemudian klik start. Hal ini untuk mendeteksi apakah ada bad sector pada hard disk anda. Karena mungkin saja computer hang disebabkan karena hard disk yang sudah rusak atau ada bad sectornya.Dicoba dulu apakah bisa masuk pada safe mode. Kalau tidak bisa, bisa dicoba langsung pada nomor 6, 7, 8,9 dibawah ini. Kalau bisa masuk pada safe mode, teruskan pada nomor 2.
  2. Cek hardware anda apakah kompatibel atau tidak dengan windows anda. Hal ini bisa dilihat dengan cara klik kanan My Computer > pilih manage > pada system tools pilih Device Manager. Pada jendela sebelah kanan dilihat apakah ada tanda-tanda hardware / device yang tidak kompatibel ( Biasanya ditandai dengan tanda Tanya (?) warna kuning. Kalau ada bisa diganti atau dicoba dengan install software yang kompatibel dengan versi windowsnya.
  3. Scan computer anda dengan antivirus yang update sebaiknya dilakukan pada safe mode. Computer menjadi hang bisa disebabkan oleh virus.
  4. Bisa saja disebabkan oleh motherboardnya yang sudah rusak, sehingga tidak mau melakukan proses kerja pada hardware.
  5. Settingan pada BIOS berubah (Overclock). Setting kembali pada kondisi default.
  6. Memori card kotor atau tidak tepat pada slot, bisa jadi karena guncangan. Lepas Memori card kemudian bersihkan Memori card dengan penghapus pensil pada bagian yang di masukkan pada slot. Bersihkan slot memori dengan kuas yang lembut secara hati-hati. Kemudian pasang kembali.
  7. Cek kipas power computer anda. Kalau kipas pada power tidak berputar,maka computer akan cepat panas, sehingga computer akan shutdown sendiri pada suhu tertentu.
  8. Kalau computer masih belum bisa kembali normal, cobalah untuk install ulang windows anda, tentunya dengan CD windows yang genuine.
  9. Kalau masih belum bisa lagi, akhirnya usaha terakhir, yaitu bawalah ke tenaga / tukang servis yang handal…  
  10. SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Recent Comments

Recent Posts

WIND X SOFT | Template Ireng Manis © 2010 Premium WP Themes | Premium Wordpress Themes | Blogger Templates - New Free Blogger Template Everyday