B anyak cara untuk membuat bootable Windows XP dengan usb flashdisk, selain untuk menggantikan peran CD dalam installasi Windows, juga terasa lebih praktis dan bisa dibawa kemana-mana karena bisa diletakkan di dalam kantong saku anda.. :)
Di sini penulis ingin memaparkan salah satu cara yang cepat dan mudah untuk membuat bootable Windows XP melalui flashdisk dengan menggunakan aplikasi Win Setup From USB, caranya adalah sebagai berikut:


1.Download aplikasi Win Setup From USB v 0.23 di sini:

2. Setelah selesai download install ke PC anda
3. Pasang flashdisk yang ingin jadikan bootable Windows XP (Kapasitas minimum flashdisk yang digunakan adalah 1 GB)
4. Buka Win Setup From USB, maka akan tampil tampilan seperti ini:


5. Dari tampilan di atas flashdisk anda sudah terdetect, lalu masukkan CD Windows XP anda, lalu pilih Browse dan pilih lokasi folder atau drive Windows XP anda.

6. Kemudian format terlebih dahulu flashdisk anda dan buat bootable agar flashdisk terbaca saat pertama kali boot lewat komputer.

Kemudian pada pilih  FAT 16 (ukuran flashdisk 1-2 GB), pilih FAT 32 (ukuran flashdisk 4 GB ke atas), pilih Boot as HDD, kemudian pada boot options pilih XP bootable (NTLDR) lalu klik Prepare Drive, setelah format selesai pilih OK.

7. Setelah proses format selesai kembali pada halaman awal Win Setup From USB dan pilih GO untuk melakukan proses copy file Windows XP dari CD ke flashdisk.

8. Setelah selesai melakukan copy klik OK untuk selesai. 

Note:
Untuk melakukan installasi lakukan perubahan first boot ke flashdisk anda pada BIOS terlebih dahulu  Pada saat installasi Windows XP dengan flashdisk jangan mencabut USB Flashdisk sampai PC melakukan 2 kali restart (Proses installasi sama dengan installasi dengan CD)